Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2020

Prokompi, (25 November 2020) Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri Acara Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2020, baik yang hadir dalam format terbatas di Pendopo Kabupaten Purwakarta maupun yang menyaksikan secara virtual.

Pada kesempatan ini, dilakukan penyampaian Laporan Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2020 oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-75. Pada Peringatan Hari Guru dan Hari PGRI ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam Peringatan tahun ini ada beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Rehab rumah, bantuan kepada siswa yang rawan melanjutkan pendidikan, lomba vlog dan lain sebagainya.
Pada kesempatan ini, Ambu Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta sangat mengapresiasi langkah-langlah keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta di tengah-tengah pandemi Covid-19. Dimana anak sekolah belajar secara daring, namun tetap menghasilkan prestasi.
Ambu Anne juga menyampaikan Pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020. Dimana ada beberapa Kebijakan dan Program-program yang dibuat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di masa Pandemi Covid-19, diantaranya :
1.Bantuan Kuota Data Internet
2. Fleksibilitas Penggunaan Dana Bos
3. Pengalokasian Bos Afirmasi dan Bos Kinerja untuk Bantuan Covid-19 di Sekolah Negeri dan Swasta yang paling terdampak Pandemi Covid-19
4. Bantuan subsidi upah untuk guru dan tenaga kependidikan Non-PNS
(5) Kurikulum Darurat
(6) Program Guru Belajar
(7) Laman Guru Berbagi
(8) Program Belajar dari Rumah TVRI
(9) Seri Webinar Masa Pandemi, dan sebagainya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI berharap kepada seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi Covid-19 ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi. Beliau mengajak kepada semua pihak agar melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk. Situasi pandemi ini memberikan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan dalam menghasilkan SDM-SDM unggul untuk Indonesia Maju.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Ketua Dewan Pendidikan, Kepala OPD Kabupaten Purwakarta, Unsur Kantor Kementerian agama, Unsur PGRI Kabupaten Purwakarta, dan yang hadir secara virtual melalui zoom meeting dan Linuhung TV yaitu Para Pengawas, Para Kepala Sekolah dan Para Pendidik PAUD/TK/SD/SMP/SMA Sederajat se-Kabupaten Purwakarta.

Komentar