Persentasi dari Kepala Dinas Pangan dan Pertanian

Prokompim, (30 Januari 2023)
Bertempat di Aula Dispangtan, Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus memberikan Arahan pada Persentasi dari Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Ir. Sri Jaya Midan, MP.

Dalam Paparannya Kadispangtan menyampaikan Kinerja Dispangtan Kabupaten Purwakarta dimana semua kegiatan yang dilakukan bertujuan akhir untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan masyarakat Kabupaten Purwakarta secara umum.

Kontribusi panen padi tahun 2022, tiga terbesar ada di Darangdan 12%, Pondoksalam 10% dan Wanayasa 9%, sementara itu terkcil ada Jatiluhur 2%. Kemudian kontribusi beras per kecamatan. Lahan ketahanan pangan dan kerawanan. Serta potensi-potensi komoditas.

Dalam arahanya ambu menyampaikan kegiatan persentasi ini pertama untuk evaluasi Dispangtan yang nantinya juga akan dilaksanakan oleh perangkat daerah lainnya. Serta mendorong pemaksimalan tanam lahan sawah dengan mekanisasi penyediaan air, tetapi juga melalui upaya untuk memanfaatkan lahan kering, kebun.

Kemudian mendorong tanaman manggis, durian serta tanaman lainnya yang cocok dengan tanahnya dan Alur distribusi serta penjualannya juga harus diperhatikan kemana. Sistemnya perlu ditindak lanjuti, terutama beberapa daerah yang membutuhkan pupuk.

Semoga petani di Kabupaten Purwakarta terus meningkat. Dengan begitu petani juga semakin sejahtera.

Turut Hadir Inspektur Inspektorat, Plt. Kadisnakan, Kadinkes, serta penyuluh pertanian.

Komentar