Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Virtual

Prokompim (30 Januari 2023)
Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja, M.Kes mewakili Bupati Purwakarta mengikuti Rapat koordinasi pengendalian inflasi Tahun 2023 secara virtual bertempat di ruang kerja Assda II.

Kemendagri menggelar Rakor dalam rangka membahas langkah konkret terkait pengendalian inflasi Daerah Tahun 2023 yang  di pimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Rakor ini bertujuan untuk membahas sejauh mana kita menyikapi, serta melakukan pengendalian inflasi daerah, guna mengetahui apa saja langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat, serta Pemerintah Daerah dalam pemulihan perekonomian di daerah masing-masing. 

Potensi inflasi awal tahun ini umumnya disebabkan pola penurunan produksi dan masa tanam pada beberapa komoditas bahan pangan. Inflasi juga dipicu juga oleh kelompok administered price, yang bulan ini mulai berlaku (misal cukai rokok) yang secara penimbang, nilai konsumsinya relatif cukup besar.

Salah satu rencana pemerintah dalam upaya stabilitas harga, diantaranya; Komunikasi Efektif yaitu dengan edukasi melawan hoax dan misi informasi terkait bahan pangan, Koordinasi dengan stakeholder terkait stabilitas harga pangan menjelang HBKN puasa - lebaran. 

Mendagri menekankan bahwa, supaya inflasi Indonesia terkendali, Presiden RI Joko Widodo telah mengingatkan kepada jajaran agar bekerjasama untuk mengendalikan inflasi. Hal ini akan dicapai apabila seluruh Kepala Daerah dapat bekerjasama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) maupun Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).

Rakor ini diikuti oleh Kementerian Pertanian, Gubernur beserta jajaran dan Bupati/Walikota beserta jajaran Seluruh Indonesia secara virtual.

Komentar