Diskusi Panel “Peningkatan Harmonisasi Hubungan Indsutrial yang Dinamis dan Berkeadilan”

Prokompim, (28 Februari 2023)
Plt. Asisten Sekda bidang Adminitrasi Umum H. Asep Surya Komara, SH, M.Si mewakili Bupati Purwakarta menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Diskusi Panel “Peningkatan Harmonisasi Hubungan Indsutrial yang Dinamis dan Berkeadilan”, bertempat di Aula BLK Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Purwakarta.

Lima puluh tahun sudah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) telah melewati masa perjuangan yang sangat berdampak pada kesejahteraan pekerja. 

Dalam suasana Milad KSPSI dan Hari Pekerja Indonesia, Asda mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta mengucapkan selamat ulang tahun, semoga KSPSI tetap jaya dan tetap memperjuangkan kesejahteraan pekerja. Setiap aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan keluarga besar KSPSI terutama KSPSI Kabupaten Purwakarta senantiasa membawa harmonisasi dalam hubungan industrial yang dinamis dan berkeadilan sebagaimana tema diskusi panel pada hari ini.

Asda mengapresiasi seluruh perjuangan KSPSI terutama di Kabupaten Purwakarta dalam menjalankan tugas dan fungsi serikat pekerja/ serikat buruh. KSPSI telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam dinamika hubungan industrial, berkaitan dengan kesejahteraan pekerja melalui pelaksanaan kebijakan pengupahan juga iklim investasi di Kabupaten Purwakarta. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Sebagaimana pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai mitra pengusaha, KSPSI melalui Pengurus Unit Kerja (PUK) yang ada di perusahaan bekerja sama membangun iklim kerja yang produktif dengan tetap menjaga kondusifitas sehingga berdampak pada ketenangan bekerja dan kelangsungan berusaha. Hal ini terbukti bahwa saat ini tingkat investasi di Kabupaten Purwakarta meningkat melebihi target capaian investasi, dengan tingkat pengangguran yang menurun dari 10,7% menjadi 8,75% . Artinya, terdapat peningkatan pada perekonomian di Kabupaten Purwakarta.

Diharapkan dengan adanya diskusi panel ini, setiap stakeholder sebagai panelis dapat memberikan pencerahan bagi keluarga besar KSPSI di Kabupaten Purwakarta untuk senantiasa bersama berharmoni dalam meningkatkan hubungan industrial yang kondusif, dinamis dan berkeadilan di perusahaan masing-masing. Serta di kemudian hari dapat bersama-sama mengembangkan kebijakan-kebijakan strategis terutama di bidang ketenagakerjaan di Kabupaten Purwakarta.

Diharapkan dengan adanya serikat pekerja terutama KSPSI, dapat melaksanakan perannya membina pekerja sebagai anggota dalam meningkatkan etos kerja di perusahaan karena produktivitas serta etos kerja yang tinggi yang dimiliki oleh pekerja di Kabupaten Purwakarta menjadi tujuan utama dalam membuka peluang investasi dan keberlangsungan usaha di Kabupaten Purwakarta, serta akan berdampak pada kesejahteraan pekerja terutama masyarakat Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi beserta jajaran, Ketua DPK Apindo Kabupaten Purwakarta, Ketua DPC KSPSI Kabupaten Purwakarta beserta Seluruh Ketua dan Pengurus Keluarga Besar SPSI Kabupaten Purwakarta, dan Para Peserta Panelis Diskusi Panel.

Komentar