Purwakarta Fire Festival Tahun 2023

Prokompim (28  Februari 2023)
Bertempat di Bale Sawala Yudhistira, Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika didampingi Sekretaris Daerah Norman Nugraha dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Drs. H. Wahyu Wibisono M.Si. menghadiri Purwakarta Fire Festival Tahun 2023.

Dinas Pemadam Kebakaran Purwakarta bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi menyelenggarakan Acara Purwakarta Fire Festival Tahun 2023 dalam rangka HUT Damkar yang Ke-103.

Bupati Purwakarta atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten purwakarta, menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Acara Purwakarta Fire Festival Tahun 2023 ini.

Dalam acara Purwakarta Fire Safety Festival 2023 ini dilaksanakan talkshow pencegahan kebakaran pada bangunan gedung serta penyerahan pengharagaan atau fire safety award bagi perorangan maupun perusahaan yang berkomitment kuat terhadap masalah pencegahan kebakaran di Kabupaten Purwakarta.

Kebakaran bisa terjadi kapan saja dimana saja dan pada siapa saja manakala kita lengah maka bencana itu bisa terjadi fakta mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi pada gedung/industri/pabrik yang menimbulkan akibat fatal pada umumnya disebabkan oleh tingkat kepedulian tentang perlunya manajement penanggulangan kebakaran di tempat kerja begitu pula akan hal nya kebakaran pada rumah serta kawasan lainnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada perseorangan dan badan hukum yang dinilai memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja termasuk di dalamnya keselamatan dari bahaya kebakaran bangunan gedung (firesafety) di Kabupaten Purwakarta.

Adapun penghargaan tersebut antara lain :
a. Pimpinan perusahaan pemerhati keselamatan kebakaran gedung yang diberikan kepada H. Entis Sutisna, SH., SE., MM (Pimpinan Kota Bukit Indah), dan Yun  Firman S. Haryoko, ST., MM (Pimpinan PT. Indo Bharat Rayon).
b. Perusahaan yang intens melaksanakan pelatihan pencegahan kebakaran gedung yang diberikan kepada PT. Einstrend, dan PT. Win Textile.
c. Perusahaan yang memenuhi standar keselamatan kebakaran gedung yang diberikan kepada PT. Indorama Syntetics Tbk Polyester Division.
d. Perusahaan mitra kerja sama dukungan 
penanggulangan kebakaran dan penyelamatan yang diberikan kepada PT. Besland Pertiwi.
e. Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang diberikan kepada  PT. Sulzer Indonesia.
f. Perusahaan nihil kecelakaan kerja yang diberikan kepada PT. Sulzer Indonesia, PT. PLN Nusantara Power (Unit Pembangkit Cirata), dan Perum Jasa Tirta II (Unit PLTA).

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan kepedulian perusahaan terhadap 
keselamatan kerja maupun kebakaran dapat lebih 
ditingkatkan lagi, sehingga tidak menimbulkan 
korban jiwa maupun harta benda minimal dapat
 diminimalisir serta berharap pula
keselamatan kebakaran gedung dapat diterapkan di gedung-gedung milik pemerintah lainnya sehingga pelayanan 
publik tidak terganggu.

Turut hadir dalam acara ini Pimpinan PT. Indorama Syntetics Tbk., Pimpinan PT. Beslan Pertiwi, Prof. Dr. manlian R.A Simanjuntak, ST., MT., D.Min sebagai Narasumber (Guru Besar Dakultas Sains & Teknologi Universitas Pelita Harapan Jakarta), Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Purwakarta, ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Ketua Igra, serta para pimpinan organisasi relawan kebakaran (PMI, Pramuka, Orari, Rapi, Kompepar, Linmas, FKP3).

Komentar