kegiatan “Inaugurasi Petani Milenial” sebagai upaya apresiasi terhadap pencapaian para petani milenial dalam pembangunan pertanian di Jawa Barat secara hybrid

Prokompim, (30 Mei 2023)
Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja, M.Kes mewakili Bupati Purwakarta menghadiri kegiatan “Inaugurasi Petani Milenial” sebagai upaya apresiasi terhadap pencapaian para petani milenial dalam pembangunan pertanian di Jawa Barat secara hybrid bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran Jl.Dipatiukur No. 35 Bandung.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan “Inaugurasi Petani Milenial” yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dimana kegiatan ini sesuai amanat dalam Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian, Perikanan dan Kehutanan melalui Program Petani Milenial.
Program Petani Milenial adalah program pengembangan usaha pertanian yang melibatkan generasi milenial dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna agar tercipta ekosistem pertanian yang mandiri, maju dan berkelanjutan.

Inaugurasi Petani Milenial merupakan sebuah tanda kelulusan peserta program setelah masa pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk selama lebih kurang 1 tahun yang penuh perjuangan. Dimana para Petani Milenial telah dinilai mampu berkarya secara mandiri dan menghasilkan pendapatan melalui bisnis pertanian yang dikelola.
Inaugurasi ini juga merupakan komitmen Pemprov Jabar bersama sejumlah pihak sebagai mitra pendukung untuk terus berupaya memajukan sektor usaha pertanian di Jawa Barat melalui program Petani Milenial, dengan melakukan berbagai hal guna mengembangkan sektor pertanian yang berkelanjutan melalui pemberdayaan petani dengan memberikan literasi dan inklusi keuangan, menyediakan layanan perbankan yang mempermudah transaksi petani, pembiayaan bagi petani.

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, serta Stakeholder terkait lainnya.

Komentar