Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Kekeringan Dampak El Nino secara virtual bersama Para Camat Se-Kabupaten Purwakarta


Prokompim, (31 Mei 2023)
Bertempat di Aula Janaka Setda Purwakarta, Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mewakili Bupati Purwakarta memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Kekeringan Dampak El Nino secara virtual bersama Para Camat Se-Kabupaten Purwakarta.

Dalam rakor dipaparkan bahwa terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Purwakarta yang masih mengalami musim penghujan dan sudah ada beberapa wilayah yang sedang mengalami bencana kekeringan. Hal ini perlu diwaspadai dan di antisipasi, maka dari itu Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta bersama seluruh stakeholder akan terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi kondisi tersebut.
Diprediksi okeh BMKG, musim kemarau di wilayah Kabupaten Purwakarta akan terjadi pada awal Mei hingga akhir Juni 2023, dan puncak musim kemarau diprediksi akan terjadi pada bulan Juli hingga September 2023.

Sedangkan bencana El Nino diperkirakan akan terjadi pada bulan Juni atau Juli 2023. Adapun bencana yang mungkin terjadi diantaranya yaitu kekeringan, karhutla, gelombang tinggi, dan gangguan kesehatan.
Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja, M.Kes., Kepala Damkar dan Penyelamatan Juddy Herdiana Suhendar, S.IP, MM., dan Kepala Dispangtan Kepala Ir. Sri Jaya Midan, MP., membantu menjawab beberapa pertanyaan dari para Camat di Kabupaten Purwakarta terkait permasalahan dan antisipasi menghadapi bencana kekeringan akibat dampak El Nino. 

Salah satunya, Dispangtan akan melakukan upaya strategis untuk para petani yang mengalami kekeringan pada lahan pertanian, dimana akan disediakan ketersediaan irigasi yang bekerja sama dengan DPUTR Kabupaten Purwakarta.
Sekda menghimbau kepada Camat Se-Kabupaten Purwakarta untuk menginformasikan kepada seluruh Kepala Desa terkait cara atau antisipasi menghadapi bencana kekeringan, dan lain sebagainya.

Perlu adanya mitigasi, edukasi dan panduan khusus bagi masyarakat untuk lebih hemat dalam menggunakan ketersediaan air, dan lain sebagainya.
Diharapkan dengan adanya rakor ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dapat bersinergi positif dengan seluruh stakeholder demi keberlangsungan kehidupan masyarakat Kabupaten Purwakarta yang lebih baik lagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asda Bidang Administrasi Umum, Kepala Damkar dan Penyelamatan, Kepala Dispangtan, beserta Para Perangkat Daerah terkait.

Komentar