Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengendalian inflasi daerah tahun 2023 secara virtual

Prokompim (29 Mei 2023)
Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja, M.Kes mewakili Bupati mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengendalian inflasi daerah tahun 2023 secara virtual bertempat di ruang rapat Assda II.

Kemendagri menyelenggarakan Rakor mingguan pengendalian inflasi di daerah tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Katnavian secara virtual dan diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan stakeholder terkait.
Dalam rakor ini dilaporkan, Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu ke 4 di bulan Mei 2023 secara Nasional terdapat 52% Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH, 35% lainnya mengalami penurunan. Kenaikan IPH cenderung banyak terjadi di Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. 

Sedangkan IPH tertinggi menurut Pulau, dari 41% Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan harga tertinggi terjadi di Pangandaran dengan nilai IPH 6,89%. Dari 46% Kabupaten/Kota di luar Pukau Jawa dan Sumatera yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan harga tertinggi terjadi di Sigi dengan nilai IPH 4,57%.
Kelompok komoditas dengan karakteristik harga cenderung terjadi kenaikan, berfluktuasi harganya menurut waktu bervariasi harganya menurut wilayah yaitu Telur ayam ras, dan daging ayam ras.

Faktor yang mendorong naiknya harga telur dan daging ayam ras dikarenakan naiknya permintaan didorong makin normalnya aktifitas sosial seperti makin banyaknya masyarakat yang menggelar hajatan atau pesta, serta naiknya harga pakan ayam petelur dan ayam pedaging dan belum pulihnya populasi ayam petelur.
Semoga dengan terselenggaranya rakor ini, kerjasama Pemerintah Pusat dan Daerah akan terus terjaga dan terus meningkat, sehingga inflasi Indonesia dapat terkendali.

Komentar