Rakor Pengendalian Inflasi sekaligus Penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah Periode I Tahun 2023

Prokompim (31 Juli 2023)
Sekretariat Daerah, Inspektorat Daerah dan Dispangtan Kabupaten Purwakarta mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi sekaligus Penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah Periode I Tahun 2023 secara virtual.

Rakor yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ini, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi Pemerintah Daerah dalam pengendalian inflasi di daerahnya, sekaligus memberikan penghargaan pada daerah yang telah berkinerja baik dalam pengendalian inflasi di daerah, serta untuk memacu daerah-daerah lain agar semakin meningkatkan kinerjanya.
Penerima alokasi insentif fiskal didasarkan pada kriteria tertentu berupa perbaikan dan/atau pencapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, dan pelayanan dasar yang mendukung kebijakan strategis nasional dan/atau pelaksanaan kebijakan fiskal nasional. Insentif Fiskal untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan yang selanjutnya disebut Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan adalah Insentif Fiskal yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkinerja baik di tahun berjalan.

Melalui KMK Keputusan Menterian Keuangan alokasi atas kinerja telah ditetapkan 33 daerah penerima alokasi Insentif Fiskal 2023 untuk kinerja kategori informasi daerah periode 1 Tahun 2023 yang terdiri dari 3 provinsi 6 kota dan 24 Kabupaten untuk periode pertama.
Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memacu dan  meningkatkan partisipasi juga kinerja Pemerintah Daerah dalam upaya pengendalian inflasi di daerah.

Komentar