Rapat Evaluasi Capaian program PPK DAS Citarum Tahun Anggaran 2023

Prokompim (29 Agustus 2023), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Menghadiri Rapat Evaluasi Capaian program PPK DAS Citarum Tahun Anggaran 2023, bertempat di Gedung Sate Bandung.

Kegiatan rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Adapun dasar diselenggarakannya rapat ini berdasarkan Amanat Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang PPK DAS Citarum.

Gubernur Jawa Barat dalam laporannya menyampaikan beberapa pencapaian yang luar biasa dari tim selama ini dengan anggaran hanya sebesar 10 %, lahan kritis yang dihijaukan ada di 10 ribuan hektar, dari yang biasanya erosi 57 ton per hektar per tahun turun 20 ton perhektar, limbah domestik ini bisa dikurangi dari pencemarannya 94 ribu kg/hari di 2019 sekarang tinggal 22 ribu.
Sedangkan Menkomarives Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, jika penanganan Citarum sejauh ini berjalan dengan sangat baik. Menurutnya ada banyak hal dilakukan guna membuat kembali Sungai Citarum terbebas dari pencemaran.

Dengan dilaksanakannya rapat ini diharapkan dapat segera disusun laporan yang komprehensif terkait pelaksanaan penanganan Citarum untuk dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Hadir dalam rapat ini Tim Percepatan Pengendalian dan Kerusakan (PPK) DAS Citarum.

Komentar