Monitoring Kegiatan Pelayanan KB Serentak dalam rangka Peringatan Hari Ibu dan HUT KOPRI

Prokompim, (28 November 2023)
Penjabat Ketua TP PKK kabupaten Purwakarta Dra. Suraidah, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Norman Nugraha dan Kepala DPPKB Yayat Hidayat melaksanakan Monitoring Kegiatan Pelayanan KB Serentak dalam rangka Peringatan Hari Ibu dan HUT KOPRI, bertempat di seluruh Fasilitas Kesehatan Pemerintah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 4 (empat) titik fasilitasi kesehatan diantaranya yaitu Klinik Wijaya Kusuma, Puskesmas Darangdan, Puskesmas Plered dan Puskesmas Sukatani.
Kegiatan ini di selenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Bappelitbangda. 

Tiga hal yang menjadi perhatian dalam penguatan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (program bangga kencana) serta penurunan angka stunting. Pertama, pemahaman dini akan pentingnya membangun ketahanan keluarga dapat menjadi bekal yang menentukan kualitas keluarga Indonesia ke depannya. 
Kedua, aspek akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya harus selalu dijaga. Sebab, penanganan stunting melibatkan banyak pihak termasuk mitra kerja dijajaran Pemerintah Daerah maupun stakeholder lainnya, termasuk jajaran kepolisian.

Ketiga, konvergensi antar program, kegiatan dan anggaran yang diharapkan dapat saling melengkapi sehingga intervensi pemerintah betul-betul diterima oleh rumah tangga sasaran.
 
Hal-hal diatas akan berhasil apabila terjadi kolaborasi yang baik dari berbagai pihak melalui pendekatan multidimensi dan multisektor. Diharapkan dapat lebih dioptimalkan lagi guna mendukung capaian program-program yang telah ditetapkan di Kabupaten Purwakarta.  

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Kepala Perangkat Daerah, Camat Purwakarta, Camat Darangdan, Camat Plered, Camat Sukatani, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua Dharma Wanita Kecamatan, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Purwakarta beserta para Tenaga Kesehatan.

Komentar