Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Laboratorium Manajemen Resiko (Lab-MR) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP)

Prokompim, (22 Desember 2023)
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menghadiri sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Laboratorium Manajemen Resiko (Lab-MR) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), bertempat di Bale Nagri. 

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI) menunjuk Pemerintah Kabupaten Purwakarta menjadi percontohan nasional atas implementasi Laboratorium Manajemen Resiko (Lab-MR) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).
Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Penjabat Bupati Purwakarta, dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Sekda Purwakarta dan Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintahan Daerah BPKP RI. 

Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintahan Daerah BPKP RI menyampaikan terkait badan-badan yang mengatur manajemen resiko dan kapabilitas APIP, serta meminta bantuan dan mendorong Kemendagri untuk mengatur tata kelola yang menerapkan prinsip-prinsip internasional, dengan perencanaan, penganggaran, dan indikator kinerja yang tepat.
Diharapkan Lab-MR dan Kapabilitas APIP ini dapat menjadi warning system (himbauan dan pengawasan, serta rekomendasi sistem) bagi setiap Perangkat Daerah, yang diawasi oleh Inspektorat Daerah. 

Semoga target kinerja pada setiap Perangkat Daerah dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, agar terwujudnya pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, akuntabel dan terpercaya. Hal tersebut dapat berjalan lancar apabila pemikiran dan konsepnya sudah terstruktur dengan baik.
Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintahan Daerah BPKP RI, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah II BPKP Provinsi Jawa Barat beserta jajaran, Kepala BKAD, Inspektur Inspektorat Daerah, Kepala Perangkat Daerah Se-Kabupaten Purwakarta.


Komentar