Rakor Pengendalian Inflasi Daerah


Prokompim (27 Desember 2023)
Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dimpimpin oleh Irjen Kemendagri Komjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si. secara virtual, bertempat di Bale Nagri.

Dilaporkan dalam rakor ini, menurut data dari BPS dalam lima tahun terakhir selalu terjadi inflasi pada bulan Desember. Tingkat Inflasi Desember lebih tinggi dibandingkan inflasi November.
Kenaikan harga beberapa komoditas menjelang Natal dan Tahun Baru yang harus diwaspadai, diantaranya tarif angkutan udara, telur ayam ras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan daging ayam ras.

Selanjutnya dilaporkan secara nasional jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH turun sebesar 7 persen poin. Dari 60,77% kabupaten/Kota di Pulau Sumatera yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan harga tertinggi terjadi di Banyu Asin dengan nilai IPH 4,56%. Dari 86,52% Kabupaten/Kota di Pulau Jawa yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan harga tertinggi terjadi di Malang dengan nilai IPH 3,22%
Sedangkan dari 77,11% kabupaten/kota di Pulau Luar Pulau Jawa dan Sumatera yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan harga tertinggi terjadi di Minahasa Selatan dengan nilai IPH 9,59%.

Turut hadir dalam rakor ini Assda I, Assda II, Assda III, Staf Ahli I, Staf Ahli II, Inspektur Inspektorat Daerah, Kepala Dispangtan, Kepala Dinsos, Kepala DPMDM, Kepala Diskominfo, Kabag Ekonomi dan SDA, Kabag Prokompim, beserta Perangkat Daerah Terkait lainnya.

Komentar