Rapat bersama Dinsos P3A terkait Persiapan Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2024


Prokompim, (31 Januari 2024)
Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha memimpin Rapat bersama Dinsos P3A terkait Persiapan Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2024, bertempat di Ruang Kerja Sekda.

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), bahwa penyelenggaraan kebijakan KLA dilakukan melalui pembinaan, dan pengawasan penyelenggaraan KLA oleh Provinsi di Kabupaten/Kota wilayahnya. Mandat pembinaan dan pengawasan Kabupaten/Kota oleh Provinsi diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan pembinaan dan pendampingan KLA Tahun 2024 sekaligus diskusi terkait kendala dan hambatan dalam pelaksanaan Evaluasi KLA.
Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada setiap Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Purwakarta. Maka dari itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta mengadakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan sarana dan prasarana (fasilitas) yang dibutuhkan pada Kunjungan Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat dalam rangka Pembinaan, Pengawasan dan Pendampingan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2024.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. 
Turut hadir Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak beserta jajaran dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta.

Komentar