Forum Perangkat Daerah dengan tema “Transformasi Digital dan Penataan Sumber Daya Manusia Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat"

Prokompim, (19 Februari 2024)
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menghadiri Forum Perangkat Daerah dengan tema “Transformasi Digital dan Penataan Sumber Daya Manusia Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat”, bertempat di Harris Hotel Festival Citylink Bandung.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri (Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd) turut hadir membuka forum kegiatan, dan menyampaikan terkait Sinergitas Program Kegiatan dalam rangka Transformasi Digital dan Penataan SDM dalam mewujudkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun 2025. 
Dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024, maka data penduduk menjadi komponen utama untuk melakukan pemutakhiran data penduduk yang berhak mengikuti pemilu sesuai dengan filosofi Dukcapil yakni “urusan adminduk bukan pelayanan dasar, tetapi menjadi dasar dalam semua pelayanan”.

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota telah dikonsolidasikan, diverifikasi, dan divalidasi oleh Menteri yang digunakan sebagai bahan penyusunan daftar Pemilih untuk Pemilihan.
Pada kesempat ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat memberikan Penghargaan kepada Disdukcapil Kabupaten Purwakarta atas diraihnya “Terbaik 1 dalam Perekaman KTP-EL DP4 Award dengan Kategori Kabupaten Penduduk Kecil Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2024”. 

Selain itu, Penjabat Bupati Purwakarta menerima Penghargaan sebagai “Pembina Adminduk Perekaman KTP-EL DP4 2024 dengan Kategori Kabupaten Kecil”.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Para Kepala Daerah dan Disdukcapil Se-Jawa Barat dapat termotivasi dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pendataan penduduk.

Turut hadir Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat, Kepala Perangkat Daerah Se-Jawa Barat, Kepala Disdukcapil Se-Jawa Barat, serta tamu undangan lainnya.

Komentar