Panen Raya Padi di Desa Gandasoli Kecamatan Plered

Prokompim (27 Maret 2024)
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan melaksanakan Panen Raya Padi di Desa Gandasoli Kecamatan Plered.

Keadaan beras di Indonesia tahun 2024 menjadi perhatian utama pemerintah dan masyarakat. Berdasarkan data dari BPS, Produksi padi nasional tahun 2023 di prediksi mencapai 55 juta ton, meningkat 1,29% di bandingkan tahun 2022. 
Peningkatan tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras nasional yang mencapai 54,8 juta ton per tahun. Hal ini menyebabkan Indonesia masih harus mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Penjabat Bupati Purwakarta menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi atas panen raya padi yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Desa Gandasoli.
Pagi hari ini, Pj Bupati Purwakarta didampingi Forkopimda, Kepala Dispangtan beserta jajaran, Camat Plered dan Kades Gandasoli melaksanakan panen padi. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan benih padi oleh Pj Bupati Purwakarta kepada Kepala Balai Besar Organisme Pengganggu Tumbuhan, Kepala Dispangtan beserta jajaran. Setelah itu, Pj Bupati Purwakarta beserta jajaran melakukan penebaran benih padi untuk masa tanam baru. 
Berbagai program dan kegiatan untuk peningkatan produksi tentunya perlu didukung dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh secara bersama-sama, baik oleh Pemerintah Kabupaten dan Desa, TNI-Polri dan seluruh lapisan masyarakat.

Diharapkan dengan dilaksanakannya panen raya padi ini, kebutuhan beras di Kabupaten Purwakarta dapat tercukupi. Dihimbau kepada masyarakat untuk menyimpan beras lebihnya agar dapat dipergunakan suatu hari nanti ketika diperlukan.

Turut hadir Kepala Balai Besar Organisme Pengganggu Tumbuhan, Forkopimda Purwakarta, Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pangan & Pertanian beserta Para Kabid, Kepala Bapenda, Camat Plered beserta Kades Se-Kecamatan Plered, Jajaran Forkopimcam Plered, Ketua Kelompok Tani beserta Para Kelompok Tani di Desa Gandasoli.

Komentar