Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024

Prokompim (25 Maret 2024)
Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 yang dipimpin Irjen Kemendagri Komjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si secara Virtual, bertempat di Ruang Rapat Sekda.

Dalam rakor ini disampaikan, secara historis kelompok yang biasanya dominan menyumbang andil inflasi pada momen Ramadhan dan Idul Fitri adalah kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau dan Kelompok Transportasi.
Kelompok Transportasi selalu mengalami inflasi pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021-2023. Tarif angkutan udara, angkutan antar kota, kereta api, dan angkutan laut perlu diwaspadai mengalami kenaikan. Inflasi angkutan udara paling tinggi terjadi di April 2022 yaitu sebesar 9,31%. Sedangkan tarif angkutan antar kota mengalami inflasi cukup tinggi pada April 2023 yaitu sebesar 12,36%.

Dilaporkan juga dalam rakor ini, secara nasional Indek Perkembangan Harga (IPH) di M3 Maret cenderung stabil, ditunjukkan dari relatif tidak berubahnya jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan/penurunan IPH.
Dari 88,31% Kabupaten/Kota di Pulau Jawa yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan tertinggi terjadi di Kabupaten Sukabumi dengan nilai IPH 5,48%. Komoditas penyumbang andil terbesar kenaikan IPH untuk 10 wilayah di Pulau Jawa didominasi oleh Beras, Cabai Rawit, dan Daging Ayam Ras.

Turut hadir Assda II, Staf Ahli II, Sekretaris BKAD, Kabag Perekonomian dan SDA serta Kabag Prokompim.

Komentar