Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Provinsi Jawa Barat

Prokompim, (22 April 2024)
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menghadiri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Provinsi Jawa Barat, bertempat di The Trans Luxury Hotel Bandung. 

Dalam rangka mewujudkan keterpaduan, keselarasan dan sinkronisasi perencanaan pembangunan antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintahan dan antar susunan pemerintahan sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Peraturan Menteri Dalam Negeri No.86 Tahun 2017 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.1 Tahun 2024 bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan acara puncak Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2025-2045 dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2025.
Musrenbang bertujuan untuk mensinkronisasikan program, kegiatan dan subkegiatan pada perangkat daerah teknis dengan usulan permasalahan dari masyarakat yang disampaikan pada tingkat desa/kelurahan dan kecamatan sehingga selaras dengan prioritas pembangunan daerah pada tahun perencanaan.

Diharapkan setiap Kabupaten/Kota memiliki daya saing dan inovasi daerah untuk membangun beberapa tahapan yang telah disusun atau direncanakan oleh setiap Dinas dan Badan di daerahnya masing-masing. Ketika Jawa Barat telah memiliki daya saing dan inovasi daerah, maka akan muncul nilai kemandirian dan modal awal untuk perekonomian dan infrastruktur daerah sehingga Provinsi Jawa Barat mampu bersaing dengan Provinsi lainnya bahkan dapat bersaing pada tingkat internasional. 
Turut hadir MenpanRB RI, Mendagri RI diwakili Rektor IPDN, Pj Gubernur Prov. Jawa Barat, Ketua DPRD Provinsi Jabar beserta jajaran, Kapolda Jabar, Kajati Jabar beserta jajaran Forkopimda Prov. Jawa Barat, Sekda Prov. Jawa Barat, Kepala Perangkat Daerah di Prov. Jawa Barat, Bupati/Walikota Se-Jawa Barat, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Tokoh masyarakat, Kepala Bappelitbangda beserta Kepala Perangkat Daerah Se-Provinsi Jawa Barat dan tamu undangan lainnya.

Komentar