Rapat Koordinasi dalam rangka Pengendalian Inflasi Tahun 2024

Prokompim (22 April 2024)
Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka Pengendalian Inflasi Tahun 2024 yang dipimpin oleh Kemendagri Tito Karnavian secara virtual, bertempat di Ruang Rapat Sekda.

Disampaikan dalam Rakor ini Inflasi bulanan Maret 2024 yang bertepatan dengan momen Ramadan lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan bulan yang sama di tahun lalu. Sedangkan inflasi tahunannya lebih. tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.
Secara historis dari 2020-2023, selalu terjadi inflasi pada momen Idul Fitri, inflasi tertinggi terjadi pada Mei 2022 sebesar 0,40%. Komoditas yang paling sering memberikan andil inflasi pada momen Idul Fitri adalah tarif angkutan udara, daging ayam ras, dan daging sapi.

Dilaporkan juga secara nasional, Jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu ke 3 April mengalami kenaikan dibandingkan pada minggu sebelumnya. Adapun jumlah kabupaten/kota yang mengalami penurunan IPH pada minggu ini mengalami penurunan.
Dari sejumlah Kabupaten/Kota di Pulau Jawa yang mengalami kenaikan IPH, kenaikan tertinggi terjadi di Kab. Banjarnegara dengan nilai IPH 2.80%. Komoditas penyumbang andil terbesar kenaikan IPH untuk 10 wilayah di Pulau Jawa didominasi oleh Daging Ayam Ras, Bawang Merah, daging Sapi.

Turut hadir Assda II, Kepala Dispangtan, Inspektur Inspektorat, Sekretaris BKAD, Diskoperindag, Diskominfo serta Bagian Ekonomi dan SDA.

Komentar